Thursday, October 13, 2016

1. Protocol HTTP



Advertisement


Setiap permintaan HTTP mempunyai dua bagian, yaitu header dan content. Header untuk permintaan dan header untuk pelayanan berbeda. HTTP server hanya merespon apabila ada permintaan. Permintaan HTTP diberikan melalui URL, juga metode HTTP yang digunakan.
Header pembuka HTTP, terdiri dari tiga bagian. Metode, URL, dan versi HTTP. Method bisa berisi GET, POST, PUT, HEAD. URL bisa berisi alamat sumber daya yang diminta, dan versi mengindikasikan versi protocol HTTP (sekarang 1.1 saat ini ditulis)

HTTP server melakukan respon yang berbeda-beda seiring dengan perbedaan metode, url atau versi.

Metode GET, digunakan untuk mengambil data. Sedangkan metode POST, digunakan untuk memasang data. Metode PUT, digunakan untuk menaruh data, dan metode HEAD digunakan untuk meminta informasi.

Berbeda dengan header pembuka permintaan, header pembuka respon bentuknya seperti ini.

Setelah header pembuka, akan ada lagi header-header lainya. Header ini berbentuk mapping, seperti kamus, dengan nama dan niainya.

Header berbentuk mapping ini jumlahnya lebih banyak. Tidak mengikuti pola tertentu, dan diakhiri dengan baris kosong.
Metode GET, digunakan untuk mengambil data. Sedangkan metode POST, digunakan untuk memasang data. Metode PUT, digunakan untuk menaruh data, dan metode HEAD digunakan untuk meminta informasi.

Gambar di atas merupakan struktur dari header mapping dari sisi permintaan. Isinya tidak terbatas, bahkan kita bisa menambahkan header sesuai dengan kebutuhan kita.

Fomat dari header mapping, mempunyai format <nama_mapping> : <nilai_mapping>, seperti Connection: Keep-Alive
Tipikal header respon dari server. Sama, dia juga tidak terbatas dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Contohnya, apabila di web server ada sebuah file dengan nama index.html¸maka cara untuk mendapatkan file tersebut. Pengguna harus mengirimkan kepada web server permintaan yang berbentuk seperti ini.

GET /index.html HTTP/1.1
Connection: Keep-Alive
User-Agent: WebParticle (Skyfilter 32bit) XMLHTTPRequest

Dengan mengirimkan permintaan seperti di atas, maka server akan merespon dengan bentuk seperti ini.

HTTP/1.1 200 OK
Content-type: text/html
Content-length: 520                                                                                

<!DOCTYPE HTML>
<html>
     …
     …
     …
</html>

Setelah header mapping terakhir, ada satu baris kosong. Di bagian header mapping permintaan juga ada baris kosong, namun tidak terlihat karena pengguna yang meminta layanan tidak memberikan data apa-apa.

[ Baca Berikutnya : Rangkuman >>


Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon