Tuesday, October 4, 2016

Cara menonaktifkan hasil pencarian internet di dash menu ubuntu



Advertisement


Saat terkoneksi internet lalu mencari nama aplikasi di dash ubuntu ( menu ). maka akan tampil beberapa aplikasi dari sumber online, mungkin untuk beberapa perangkat akan terasa lemot jika fitur ini diaktifkan, Lalu bagaiman untuk mematikan fitur search dash online ?? berikut tutorialnya :

1. Menggunakan Unity Tweak Tool

Cara ini hanya untuk ubuntu 14.04 keatas. Unity tweak tool biasanya sudah anda pasang jika anda suka tweaking tampilan di ubuntu. Namun jika belum terpasang, anda harus menginstallnya terlebih dahulu, agar pemasangan lebih cepat gunakan terminal, dan ketik perintah sudo apt-get install unity-tweak-tool
Jika sudah terpasang, buka unity tweak tool > pilih search > lalu hilangkan centang pada tulisan search online source seperti gambar dibawah ini :

dan selesai.

2. Menggunakan Pengaturan

Cara ini mungkin bisa diterapkan di semua versi ubuntu yang menggunakan desktop unity. Dan caranya cukup mudah, yaitu Buka Pengaturan > Security & Privacy > Seach > dan hilangkan centang pada tulisan When searching in the Dash seperti gambar dibawah ini.

Dan selesai. Itulah beberapa cara untuk menonaktifkan hasil pencarian internet di dash menu ubuntu

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon