Saturday, April 16, 2016

CARA KERJA EMAIL



Advertisement


Cara Kerja Email
Sama halnya dengan surat biasa yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa Computer lain di sepanjang jaringan internet. Komputer-komputer itu disebut dengan email server. Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan seperti ditunjuk pada alamat email kepada siapa kita menulis email, email tersebut disimpan pada sebuah mailbox.
Si pemilik alamat emailbaru bisa mendapat email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya. Jadi, tidak benar kalau dibayangkan bahwa untuk bisa menerima email kita harus terhubung terus menerus ke internet.
Untuk bisa menerima email kita mesti memiliki sebuah account pada suatu email server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service Provider). Ini sama dengan bila kita memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya, bila pada snail mail kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di alamat kita, sedangkan pada email, kita bisa menerimanya di mana saja kita berada.
Hali ini bisa dilakukan karena bila kita bisa menghubungi sebuah email server&\ mana kita punya accaount email, maka kita bisa mengambil atau mendownload semua email yang dirujukan kepada alamat email yang ita miliki. Untuk itu kita mesti memperhatikan protokol penerimaan dan pengiriman email. Protokol di sini maksudnya sebuah prosedur standar untuk mengatur transmisi data di antara komputer-komputer. Untuk pengiriman, protokolnya sama dengan SMTP, singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Setiap mail server memiliki SMTP dan POP yang berbeda-beda.
Bila kita bisa menguasai cara menghubungi SMTP dan POP dari lokasi yang berbeda, sebenarnya ini bisa mengatasi masalah kepemilikan komputer dan koneksi internet. Bila kita tidak memiliki sendiri komputer dan koneksi internet , kita masih bisa men-download email yang ditujukan kepada alamat email kita. Alternatif untuk itu misalnya menggunakan email client yang bisa menangani lebih dari satu account (multiple account) bisa saja kita nebeng komputer teman atau komputer kampus atau men-download email di cybercafe atau rental-rental komputer yang kini bertebaran di mana-mana.

2.3 Anatomi Alamat Email
Bilamana kita membaca alamat sebuah surat biasa, kita bisa membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita. Pertanyaannya adalah, apa yang bisa kita pahami dari sebuah alamat email ? Alamat email terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon / @. Misalnya alamat:kris_andri@yahoo.com
Di sebelah kiri @ disebut user name (kris_andri), yang menunjuk pada identitas si pemilik email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor atau apapun juga. User name juga menjadi nama emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server.
Di sebelah kanan @ (yahoo.com) disebut juga domain name,yang menunjukan identitas mail server di mana seorang user memiliki mailbox. Domain name biasanya menunjukan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account. Misalnya, liputan6@sctv.co.id (crew acara liputan6 di SCTV), ylbhi@ylbhi.org (yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia), kompas@kompas.com(Surat Kabar Harian Kompas).
Selain itu, dari bagian paling belakang dari sebuah email kita bisa memperoleh beberapa dugaan mengenai pemiliknya. Misalnya .com, biasanya ini dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya, .edu, biasanya menunjukan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi pendidikan, seperti humas@maranatha.edu, gov, dimiliki oleh instansi pemerintah, mil, dimiliki instansi militer.
Bagi email server yang letaknya di luar Amerika, seringkali alamatnya diberi identitasnya sesuai nama negaranya. Sebagai contoh id (Indonesia), au (Australia), uk (United Kingdom), nz (New Zaeland), dan sebagainya.
2.4 Mekanisme Email
Dalam perkambangannya, email ternyata tidak hanya seperti yang dideskripsikan pada keterangan di atas. Lebih rinci, dari mekanisme pengiriman dan penermaannya terdapat beberapa jenis sebagai berikut:
  1. POP Email
Email jenis ini adalah persis seperti yang dijelaskan pada bagian di atas. POP singkatan dari Post Office Protocol. Jadi, jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah surat biasa yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.


  1. Web Base Email
Web Base Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki accountemail sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server,tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirmkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah accountemail yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah accountemail dengan username yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password. Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedia bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita, maka kita akan harus ke bagian inbox yang tentu di sediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa email semacam ini. Sekali lagi, emuanya tidak menngunakan email client, seperti yang dituliskan diatas, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, mailexcite.com, astaga.com, dan sebagainya.
3. E-mail Forwarder
Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan ter-lalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonym dalah sebuah forum dis-kusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon