Friday, November 18, 2016

Kode HTML Untuk menambahkan Audio



Advertisement

Format tampilan file audio

Kebanyakan file audio diputar melalui sebuah plug-in, misalnya seperti flash. Namun, browser yang berbeda mungkin memiliki berbagai plug-in. HTML5 mendefinisikan elemen baru yang menentukan cara standar untuk menanamkan file audio pada halaman web: elemen <audio> </audio>.
Untuk memasukkan suara pada html bisa menggunakan tag <audio>.  Format suara yang telah didukung hingga saat ini adalah MP3, Ogg dan WAP. File-file Audio yang didukung HTML5 adalah MP3,WAV, dan OGG. Tidak semua tipe file audio tersebut didukung oleh browser.

§ OGG merupakan format audio yang didukung oleh Mozilla firefox, opera, dan google chrome.
§ MP3 merupakan format audio yang didukung oleh Google Chrome dan safari.
§ WAV merupakan format audio yang didukung oleh Mozilla Firefox dan Opera.

Jenis file audio untuk dukungan pada web browser bisa dilihat pada tabel berikut ini.



a.    Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa bila saat meletakan file mp3 di web yang kita buat, akan ada beberapa orang yang  tidak bisa memutar hasil embed mp3 di web yan telah kita buat tersebut. Hal tersebut bisa jadi disebabkan browser yang digunakan  tidak support pada file berekstensi mp3.

b.    MIME  untuk format audio
      MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) digunakan untuk mekanisme untuk mengirim berbagai informasi seperti text, aplikasi, gambar, suara, video, dan lain sebagainya agar browser tidak salah menterjemahkan konten yg diterima. Tidak hanya pada web, email juga menggunakan MIME. Berikut adalah tipe mime untuk format audio.

Format
MIME-type
MP3
audio/mpeg
Ogg
audio/ogg
Wav
audio/wav

1.)  Kode  Html Menyajikan audio dalam tampilan web

File  audio seperti mp3 dapat dilantunkan melalui tag<audio> < /audio>.  Berikut adalah format lengkap untuk memainkan musik ke dalam aplikasi web.

<html>
<head>
<title>cek suara</title>
</head>
<body>
<audio controls>
<source src="house.mp3" type="audio/mp3">
<source src="house.ogg" type="audio/ogg">
</audio>   
</body>
</html>


Ketika mencoba listing program diatas , file audio ditempatkan dalam satu folder yang sama dengan file *.htm dan nama file audio nya disesuaikan dengan file audio yang anda gunakan. Untuk listing program di atas menggunakan file audio bernama "house.mp3" dan "house.ogg".
Bila listing program diatas dijalankan akan menghasilkan tampilan audio di browser . Tekan tombol play untuk memulai menjalan audionya.


Atribut yang digunakan pada tag <audio> </audio> dapat juga menggunakan atribut autoplay, loop dan controls. Detail atribut pada audio adalah sebagai berikut :


Berikut adalah listing program audio yang telah diberi atribut control, autoplay serta loop  . Ketika listing program tersebut dijalankan maka audio akan berjalan secara otomatis tanpa harus ditekan tombol play .

<html>
<head>
<title>cek suara</title>
</head>
<body>
<audio controls = "controls" autoplay="autoplay" loop="loop" >
<source src="house.mp3" type="audio/mp3">
<source src="house.ogg" type="audio/ogg">
</audio>
</body>
</html>

Bila listing program diatas dijalankan akan menghasilkan tampilan audio di browser . Audio akan mulai diperdengarkan tanpa harus menekan tombol play. Audio akan terus dimainkan kembali ketika audio sudah habis waktunya karena pada atribut audio di set “loop”. 

Plug-in audio
Plug-in merupakan sebuah program komputer kecil yang memperluas fungsi standar  dari sebuah browser. Plug-in dapat ditambahkan ke halaman HTML menggunakan tag <object> atau tag <embed>.
Tag <embed>
Tag <embed> diartikan sebagai sebuah wadah untuk konten eksternal (non-HTML). Adapun  potongan kode untuk memainkan file *.mp3 yang embed/tertanam di halaman web adalah

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<embed height="50" width="100" src="house.mp3">
<p>Bila anda tidak dapat mendengar suara, maka kemungkinan browser yan anda gunakan tidak support dengan format file audionya</p>
<p>atau bisa juga speaker anda sedang off :)</p>
</body>
</html>

Setelah kode diatas dijalankan dibrowser mozilla firefox maka pada web akan akan muncul tampilan berikut, dan file house.mp3 tidak terdengar suaranya karena browser mozilla firefox tidak mendukung file audio *.mp3.


Tag <object>

Format audio dapat pula didefiniskan sebagai obyek ekternal untuk konten non HTML dengan menggunakan tag<obyek>. Berikut ini potongan kode program untuk menampilkan file audio

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<object height="50" width="100" data="house.ogg"></object>
<p>Bila anda tidak dapat mendengar suara, maka kemungkinan browser yan anda gunakan tidak support dengan format file audionya</p>
<p>atau bisa juga speaker anda sedang off :)</p>
</body>
</html>

Setelah kode diatas dijalankan dibrowser mozilla firefox maka pada web akan terdengar suara dari file "house.ogg"

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon