Saturday, May 7, 2016

Hebatnya Serangan Cyber Masa Depan



Advertisement



Sebagai teknologi yang semakin berkembang, begitu juga cybercrime, dan penjahat teknologi akan segera bersembunyi tepat di layar TV rumah. Seorang pakar keamanan global teratas mengatakan "malware, virus dan penjahat cyber dapat menyerang Televisi (TV) yang terhubung ke Internet, terutama dengan kemudahan penggunaan dan popularitas  download film dari internet".
Eugene Kaspersky, pendiri dan CEO dari Kaspersky Lab di Rusia, memperingatkan semua orang dari serangan cyber yang akan datang melalui smart TV, dalam sebuah wawancara dengan media outlet The Telegraph. Kaspersky Lab adalah kelompok antivirus komputer terbesar keempat di dunia.
"Ancaman akan diversifikasi ke ponsel dan lingkungan rumah, seperti melalui televisi, yang sekarang terhubung ke Internet," Ujar CEO Kaspersky.
Markas Lab penelitian dan pembangunan global di Moskow mengatakan, ada laporkan kegiatan yang mencurigakan dua kali lipat tahun ini, sekitar 315.000 kegiatan yang direkam.
Meskipun belum menerima laporan konfirmasi bahwa virus dapat menembus Smart TV , Kaspersky masih mengatakan TV yang tersambung ke Internet akan segera rentan terhadap perangkat lunak berbahaya yang sudah membawa kerusakan perangkat desktop dan laptop yang sekarang ini mulai menyerang Smartphone juga.
"Ini hanya masalah waktu. Kita sudah memiliki produk seluler dan kami memiliki prototipe untuk TV sehingga kami siap untuk mengatasi masalah ini ketika malware baru untuk televisi dirilis oleh penjahat," katanya.
TV set / Smart TV menjadi target potensial karena beberapa kesamaan dengan komputer: chip memori, sistem operasi Android dan teknologi internet. Satu-satunya perbedaan antara komputer dan layar TV, katanya, adalah remote control dan layar yang lebih besar.
Dalam sebuah survei yang dilakukan pada Mei 2013, 50 persen dari semua konsumen Inggris, dinyatakan menyukai ide untuk konten online dengan menggunakan TV mereka. Awal tahun ini, 13 persen dari penduduk Inggris memiliki smart TV yang tersambung ke Internet melalui set-top box atau teknologi yang terintegrasi. Pada tahun 2016, sekitar 100 juta rumah di AS dan Eropa Barat diharapkan memiliki satu TV terhubung ke Internet.
Ketika ditanya apakah Kaspersky sudah dapat menerima informasi dari virus yang berhasil menembus TV set ?, ia mengakui tidak pernah melihat satupun, tetapi pihaknya menegaskan hal itu akan terjadi.
Dia juga menyebutkan bahwa Microsoft Windows, serta puluhan perangkat iOS bertenaga dari Apple dan ribuan ponsel Android menerima jutaan serangan dalam setahun. Dia juga mencatat bahwa insinyur terus mengembangkan perangkat lunak untuk Android. Apapun, ia percaya semua sistem yang rentan dan mungkin orang-orang jahat juga dapat mengembangkan malware untuk perangkat iOS. Dia juga mengatakan bahwa  jutaan perangkat mungkin dapat mudah terinfeksi.
Dia juga menetapkan catatan lurus pada Bug Heartbleed kontroversial yang mengejutkan dunia maya dalam minggu-minggu sebelumnya, Dia menjelaskan bahwa bug bukanlah virus, tetapi kerentanan keamanan. Dia mengibaratkan dengan kunci pintu yang lemah, dan siapa pun dapat dengan mudah membuka pintu tersebut tanpa perlu kunci.
Ia Juga mengatakan bahwa itu ancaman nyata. Bahkan untuk server, bug tersebut dapat membaca memori server dan mendapatkan akses ke semua data sensitif yang tersimpan. Bagi individu, bug dapat mengakses akun jaringan sosial dan data pribadi atau swasta yang dapat mengganggu rekening keuangan jika perbankan online terhubung ke jaringan itu. Untuk lembaga swasta dan publik, bug juga dapat mengakses informasi rahasia ataupun publik.
Dia mengidentifikasi ancaman terburuk dari semua ancaman.
"Sekarang kita berada di era yang berbeda. Aku takut bahwa kita akan melihat serangan yang sangat buruk dengan kerusakan nyata pada infrastruktur penting karena dikelola oleh sistem komputer yang rentan."
Pikirkan tentang pelabuhan, bandara, pabrik dan pembangkit listrik, dan lainnya. Dia menambahkan bahwa ini dirancang pada dekade yang lalu ketika serangan cyber dan sabotase belum ada.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon