Tuesday, April 12, 2016

Stop Windows Bajakan, Go Open Source



Advertisement


Met Siang sobat delzee, Gimane kabare?? kali ini mumpung lagi nganggur di kamar, ( libur sekolah ) n bingung mau posting apa, setelah loading beberapa saat...
Nah.. ahirnya postingan kali ini aku mau share tentang pengalaman menggunakan Sistem Operasi Open Source dari LINUX berbasis Ubuntu,  nah bagi yang belum tau apa itu Open Source silakan baca dulu di SINI, jika sobat udah tau, yuk simak ..


Pengalaman ini, berasal saat aku masih kelas X SMK, yang  waktu itu ambil jurusan TKJ, yah ( Teknik Komputer dan Jaringan ) dimana setiap murid dianjurkan punya Laptop / Notebook / Netbook, selang 1 minggu setelah masuk kelas X, aku bingung mau beli Laptop, Notebook, / netbook? Setelah berfikir beberapa saat, ahirnya aku memutuskan untuk beli netbook merk Dell Latitude 2110, yang speknya pas pasan ( netbook Atom, yang biasa di juluki netbook Kacang )

dan disamping merupakan screnshot spesifikasi netbook yang saya gunakan,  Nah, pas waktu saya beli netbook itu, OS bawaan nya adalah Windows 7 Professional 32 bit, ya maklum, waktu itu aku belum ngerti kalo tiu windows bajakan atau tidak, setelah penggunaan selama 1 bulanan, tu netbook kena virus, entah dari mana munculnya virus itu, pokok nya, semua file yang ada di HDD kaga bisa dibuka, sebel pokoknya, dari situlah saya mulai berfikir untuk instal ulang, dan waktu itu saya memutuskan untuk instal windows 8 pro, ( waktu itu dianjurkan teman ) ya setelah instal lumayan smooth windowsnya, tapi selang beberapa hari, saya buat browsing buat ngerjain tugas, lagi lagi virus muncul lagi, semua dokumen tugas rusak filenya, ( ga kebayang bisa kaya gini parahnya ) padahal, kalo saya liat netbook teman saya yang juga menggunakan windows, asik asik aja, tapi kata teman saya lepi nya jarang buat browsing, paling browsing cuma buka fb, youtube, artikel artkel, gitulah, saya mulai frustasi, untuk sementara, saya mengerjakan tugas di rumah memakai komputer lawas ( intel pentium 4 ) yang masih os windows XP,  dan tu netbook saya biarin dulu, ( masih kesel ), nah pada saat ngerjain tugas, waktu itu tentang sistem operasi, yakni tugas untuk mencari info tentang distro linux, dari situlah muncul dibenak saya “ kenapa saya tidak coba “ dan stelah browsing sana sini, saya langsung terpaku untuk mencoba ubuntu 14.04 LTS 32 bit, setelah saya donlot isonya, dan burning di flashdisk, tampa ragu ragu saya langsung instal ubuntu nya dengan bantuan tutorial di mbah google, memang agak bingung sih, waktu pertama pake, tapi lama lama udah terbiasa, dan sampai sekarang, nih Ubuntu udah saya updgrade ke versi 15.04, hampir 2 tahun kaga pernah crash tu ubuntu, n untuk pekerjaan office, di ubuntu sudah disediakan Libre Ofiice ( pengganti Microsoft Office ), biarpun berbeda, dan disekolah guru guruku pada tanya “ kenapa pake ubuntu “ sedangkan tugas di skol dianjurkan pake MS WORD, dan guru saya langsung menyuruh untuk install windows di netbook ku, namun aku menjawab “ maaf pak, tidak usah di install, saya nyaman menggunakan ubuntu, lagian kalo untuk kerjakan tugas MS Office, di lab kan ada komputer windows, saya belajar di LAB aja PAK” dengan  tatapan senyum sedikit, pak guru membolehkan saya, Memang sih, ahir ahir ini, banyak sekali sekolah yang memakai windows BAJAKAN, gimana mau bermanfaat ilmunya jika yang digunakan untuk belajar bukan barang halal... dan alhamdulillah saya sudah bisa bermigrasi dari OS windows ke Ubuntu, sebenarnya aku sih ingin punya os Windows, fiturnya banyak, aplikasi pun banyak, tapi aku sampai sekarang masih setia pake ubuntu, kalo ingin aplikasi windows, saya menggunakan WINE, nah dari kesimpulan diatas, dapat di katakan “ Windows Bajakan itu bahya “ karna kebanyakan windows bajakan jarang yang mengaktifkan fitur “ WINDOWS UPDATE “ yang katanya, jika fitur itu diaktifkan di windows bajakan, takut kedetek oleh pihal Mircrosoft, lalu windows nya di blokir, saya sudah sering melihat teman saya mengistal laptopnya 1 – 2 bulan sekali, pas waktu saya tanya “ opo.o broo, kok mbok install ae “ ( kenapa bro laptopnya di instal melulu ) dan teman saya menjawab “ windows.e gampang eror bro.. lemot, “ ( windows nya sering eror dan lemot bro ), nah lagi lagi dari situ saya mikir, “ mudah mudahan ubuntu saya tidak mudah crash “ maka dari itu sobat delzee, jika andan menggunakan windows bajakan, ok ok saja, tapi saya cukup prihatin ,karena sekarang ini banyak sekali pihak sekolah “ mulai dari SD – SMA “ yang menggunakan os WINDOWS BAJAKAN “ karna saya pernah disuruh instal ulang LAB pakai windows bajakan ( Windows CRACK ), nah untuk sobat yang ingin aman, dari ancaman microsoft, aman dari virus, tidak ada salahnya pake OS yang open source sob, banyak pilihan, mulai dari Suse, Debian, Ubuntu, Linux Mint, jika sobat ingin yang mudah pengopreasiannya, pakai saja distro turunan Ubuntu spt Linux Mint, dll, namun disini saya menggunakan ubuntu, dan berikut liputan dari tampilan Ubuntu Yang saya Gunakan :

 gambar : tampilan awal ubuntu 15.04 ( desktop )

gambar : Libre Office Calc ( pengganti MS Excel Windows )
 
 

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon