Beragam
komputer dari vendor yang bermacam-macam bisa saling berinteraksi.
Istilah interoperatibilitas sering dipakai untuk menyatakan keadaan
ini. Perkembangan ini akhirnya juga disusul oleh kemudahan perangkat
lunak untuk saling berinteraksi . Sebuah basis data pada prinsipnya
dapat diakses oleh perangkat lunak apa saja
. Kebebasan ini merupakan
suatu ciri khas pada arsitektur yang dinamakan client/server. Pada
arsitektur ini, ada bagian yang disebut client dan ada yang disebut
server.
Client
adalah sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan
data atau layanan ke server.
Server
adalah sistem atau proses yanbg menyediakan data atau layanan yang
diminta oleh client . Secara fisik, sebuah serevr dapat berupa
komputer mainframe, mini-komputer, workstation, ataupun PC atau
peranti lain seperti printer, server tidak harus berupa sistem fisik,
tetapi juga suatu proses.
Client
mempunyai kemampuan untuk melakukan pemrosesan sendiri. Ketika
sebuah client meminta suatu data ke server, server akan segera
menanggapinya dengan memberikan data yang diminta ke client
bersangkutan. Setelah diterima. Client segera melakukan pemprosesan.
Model
komputasi yang berbasis client server mulai banyak diterapkan pada
sistem informasi. Dengan menggunakan arsitektur ini , sistem
informasi dapat digunakan dan dibangun dengan perangkat lunak client
server yang bermacam-macam dan berbeda-beda.Client-Server
adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi
yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client dapat
meminta data atau informasi dari server.
Sistem
client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada
beberapa perbedaan karakteristik yaitu :
1. Servis
(layanan)
-
o Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin
-
yang berbeda
-
o Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya.
-
o Server sebagai provider, client sebagai konsumen
2. Sharing
resources (sumber daya)
-
o Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan
-
meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin
-
konsistensinya.
3. Asymmetrical
protocol (protokol yang tidak simetris )
-
Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu
-
menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu
-
secara pasif request dari client.
4. Transparansi
lokasi
Proses yang
dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin
yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari
client.
5. Mix-and-Match
Perbedaan
server client platforms
6. Pesan
berbasiskan komunikasi
-
Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan
-
permintaan dan jawaban.
7. Pemisahan
interface dan implementasi
-
Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan
-
yang diterbitkan tidak berubah.
-
Client Server System
Client
/ Server Application
-
Poin-poin client server:
-
Interoperabilitas
-
Client, sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server
-
Server, sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client
-
Sistem informasi dapat dibangun dengan menggunakan perangkat lunak gado-gado
2.4.Implementasi
client-server
-
Aplikasi pesan, misalnya surat elektronis (email)
-
Penyebaran basis data pada beberapa jaringan komputer
-
Memungkinkan berbagi berkas atau periferal atau pengaksesan komputer melalui jarak jauh
-
Pemrosesan aplikasi yang intensif dengan suatu pekerjaan (job) dibagi menjadi tugas-tugas (task) yang masing-masing dilaksanakan pada komputer yang berbeda
Keuntungan
Client-server
Fitur
|
Keuntungan
|
Jaringan
mesin-mesin yang kecil tetapi berdaya guna
|
Jika
sebuah mesin macet, bisnis tetap berjalan
|
Kumpulan
komputer dengan ribuan MIPS (million instruction per second)
|
Sistem
memberikan kekuatan dalam melaksanakan suatu tugas tanpa
memonopoli sumber-sumber daya. Pemakai akhir diberi hak untuk
bekerja secara local
|
Beberapa
workstation sangat handal seperti mainframe, tetapi dengan biaya
90% lebih rendah
|
Menawarkan
keluwesan untuk melakukan pembelian pada hal-hal lain atau untuk
meningkatkan keuntungan
|
Sistem
terbuka
|
Bebas
memilih perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan dari
berbagai vendor
|
Sistem
tumbuh dengan mudah dan dapat diperluas secara tak terbatas
|
Mudah
untuk memperbaharui system
|
Lingkungan
operasi client yang bersifat individual
|
Dapat
mencampur dan mencocokkan platform komputer yang gsesuai dengan
kebutuhan masing-masing departemen dan pemakai
|
Contoh
implementasi jaringan client-server:
Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.
Terima Kasih.
EmoticonEmoticon