Saturday, April 16, 2016

APLICATION LAYER



Advertisement




APLICATION LAYER

Setelah kita membahas keenam lapisan sebelumnya, sekarang kita membahas lapisan paling atas dari lapisan OSI yaitu lapisan aplikasi (Application layer). Protokol pada lapisan ini secara langsung melayani pemakai dengan memberikan pelayanan informasi yang tersebar yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi dan pengelolaannya.
Application layer terdiri dari bermacam-macam protokol. Misalnya terdapat ratusan jenis terminal yang tidak kompatibel di seluruh dunia. Ambil keadaan dimana editor layar penuh yang diharapkan bisa bekerja pada jaringan bermacam-macam terminal, yang masing-masing memiliki layout layar yang berlainan, mempunyai cara urutan penekanan tomnbol yang berbeda untuk penyisipan dan penghapusan teks, memindahkan sensor dan sebagainya.
Suatu cara untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menentukan terminal virtual jaringan abstrak, sehingga editor dan program-program lainnya dapat ditulis agar saling bersesuaian. Untuk menangani setiap jenis terminal, satu bagian software harus ditulis untuk memetakan fungsi terminal virtual jaringan ke terminal sebenarnya. Misalnya, saat editor menggerakan kursor terminal virtual ke sudut layar kiri, software tersebut harus mengeluarkan urutan perintah yang sesusai untuk mencapai kursor tersebut. Seluruh software terminal virtual berada pada Application layer.
Fungsi Application layer lainnya adalah pemindahan file. Sistem file ysang satu dengan yang lainnya memiliki konvensi penamaan yang berbeda, cara menyatakan baris-baris teks yang berbeda, dan sebagainya. Perpindahan file dari sebuah sistem ke sistem lainnya yang berbeda memerlukan penganan untuk mengatasi adanya ketidakkomptibelan ini. Tugas tersebut juga merupakan pekerjaan Application layer, seperti pada saat surat elektronik, remote jobentry, directory lookup dan berbagai fasilitas bertujuan umum dan fasilitas bertujuan khusus lainnya.
Dalam Application layer inii, kita akan membahas DNS, yang akan menangani masalah penamaan di internet dan beberapa contoh aplikasi yang sering digunakan seperti: Email (electronic mail), WWW (Word Wide Web) dan Multimedia.

[ lanjut baca > Pengertian dan Pembahasan DNS > (masih tahap penyuntingan)

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon